judul gambar
HeadlinesNews

Kominfo: Disinformasi, Suara Adzan Bisa Lemahkan Covid-19

Jakarta, LenteraEsai.id – Beberapa hari belakangan ini beredar informasi di media sosial Facebook yang menyebutkan bahwa suara adzan dapat melemahkan Virus Corona (Covid-19), dengan narasi: “Penemuan ilmuwan di Eropa. Virus Covid-19 akan melemah bila didengarkan suara adzan… pembuktian dengan teknologi.. Allahu Akbar. Boleh percaya Boleh g…”.

Melalui akun resmi media web-nya, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dalam siaran persnya menyatakan bahwa pada faktanya, video yang diklaim pengunggah bahwa suara adzan bisa melemahkan Virus Corona adalah tidak benar.

Video itu sebenarnya mengklaim efek tubuh manusia saat mendengarkan adzan. Video tersebut beredar sebelum Covid-19 mulai mewabah.

Keterangan percakapan dalam video yang membahas reaksi tubuh ketika mendengar adzan telah diulas dalam artikel berjudul “This Viral Video About The Effects of Music and the Adhan on the Body is Simply Not True” yang dimuat situs ilmfeed.com, pada 12 Oktober 2016.

Artikel tersebut menyatakan, meskipun benar bahwa panggilan untuk shalat bagi umat Islam memiliki efek menenangkan, namun klaim dalam video bahwa suara adzan dapat melemahkan Virus Cirona adalah tidak benar, alias disinformasi, demikian siaran pers Kominfo.  (LE-JK)

Comment

Comment here

Lenteraesai.id