judul gambar
DenpasarHeadlines

Cegah Penyebaran Virus, Kwarda Bali Serahkan Ribuan Masker kepada Gugus Tugas Covid-19

Denpasar, LenteraEsai.id – Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali menyerahkan 2.000 pcs masker kain kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali yang  bertugas di posko pada Selasa, 7 April 2020. 

Made Miasa selaku Wakil Ketua Pembinaan Anggota Dewasa Kwarda Bali pada kesempatan tersebut menyampaikan, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali merasa terpanggil untuk peduli dalam mendukung berbagai upaya penanggulangan penyebaran Covid-19, seperti halnya lewat memberikan bantuan berupa masker.

“Kami ingin mengamalkan Dasa Darma Pramuka kita, yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia dengan membantu petugas, terutama yang tim medis. Untuk itu kami telah menyiapkan sebanyak 2.000 pcs masker untuk dibagikan bagi yang memerlukan,” ujar Miasa.

Penyerahkan ribuan masker sebagai alat pelindung diri (APD) guna menanggulangi bahaya Covid-19 di Bali, diterima langsung Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, I Made Rentin.

“Bantuan ini kita harapkan dapat mencegah penyebaran Covid-19 di Bali dan virus ini segera berakhir, sehingga kita bisa melaksanakan aktivitas seperti biasa,” kata Miasa.

Sementara itu, I Made Rentin mengatakan bahwa bantuan masker ini tentu sangat bermanfaat bagi [etugas yang berada di lapangan, karena mereka tidak jarang harus menghadapi resiko terpapar langsung ketika menjalankan tugas pengecekan atau perawatan pasien positif Covid-19.

“Kami atas nama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan mewakili pemerintah menyampaikan terima kasih kepada Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali dan Pramuka Peduli atas bantuan maskernya,” ujar I Made Rentin didampingi sejumlah anggota Satgas Covid-19.

I Made Rentin menyebutkan, Pemerintah Provinsi Bali juga mewajibkan para pejabat eselon I, II, III, dan IV Pemprov Bali untuk membantu upaya pencegahan Covid-19 di Bali, serta mampu meringankan beban masyarakat dalam membeli masker. Ini dapat dikukan kalangan ASN dengan ‘mepunia’ masker kain kepada masyarakat.

I Made Rentin selaku Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali yang juga Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali, dalam beberapa kesempatan mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat menggunakan masker saat berada di luar rumah, serta tetap waspada bahkan meningkatkan kewaspadaanya karena penyebaran Covid-19 menunjukan tren peningkatan di tingkat nasional.

Covid-19 bukan sesuatu yang dapat ditanggapi dengan remeh, tetapi harus dengan kewaspadaan yang tinggi. Namun demikian, ia mengimbau masyarakat untuk tetap tenang, meyakini bahwa pemerintah di pusat dan darah serta segenap unsur TNI, Polri dan instansi-instansi lainnya, kini sedang bekerja sama, bergotong royong melakukan upaya-upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19. 

Selain itu, kata Made Rentin, Pemerintah Provinsi Bali melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 juga mengimbau kepada warga masyarakat yang baru pulang dari luar negeri dan dari luar daerah untuk melaksanakan karantina mandiri/isolasi diri sendiri di rumah masing-masing minimal 14 hari dengan menerapkan protokol  isolasi diri sendiri dengan penuh disiplin dan tanggung jawab untuk keselamatan masyarakat. “Dengan melaksanakan hal ini, merupakan wujud dari pahlawan kemanusiaan,” katanya. 

Acara penyerahan ribuan masker tersebut tampak dihadiri sejumah pengurus Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali antara lain Wakil Ketua Usaha Kreatif Inovatif dan Pengembangan Sumberdaya I Gusti Ayu Diah Yunita, Bendahara Kwarda Bali Putu Dewi A, Sekretaris Kwarda Nyoman Aryawan dan Andalan Informatika Rudianto. (LE-DP1)

Comment

Comment here

Lenteraesai.id