judul gambar
AdvertorialDenpasarHeadlinesNews

Sekda Dewa Indra: Wujudkan E-goverment menuju Bali Smart Island

Denpasar, LenteraEsai.id – Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra didampingi Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali Gede Pramana dan Kepala Balai Sertifikasi dan Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara Rinaldy didampingi Kepala  Biro Hukum dan Humas Badan Siber dan Sandi Negara Giyanto Awan Sularso melakukan penandatangan Perjanjian Kerja Sama Pemanfaatan Serifikat Elektronik Antara Pemerintah Provinsi Bali dengan Balai Sertifikasi dan Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara di Gedung Wiswasabha Utama Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Rabu (4/3/2020).

“Penandatangan perjanjian ini adalah sebagai bentuk komitmen bersama dalam mewujudkan E-government menuju Bali Smart Island,” ujar Sekda Dewa Indra.

Sekda Dewa Indra juga menyampaikan bahwasanya Pemprov Bali memiliki komitmen kuat dalam mengimplementasikan dan mewujudkan modernisasi birokrasi di lingkungan Pemprov Bali dan meninggalkan pola konvensional yang terkesan berbelit –belit dan lelet.

“Ekosistem menuju modernisasi birokrasi sudah dibangun, namun  dalam operasionalnya memerlukan perjanjian kerja sama terlebih dahulu dengan Badan Siber dan Sandi Negara mengingat banyak dokumen resmi dari pemerintah yang harus dijaga keamanannya, untuk  itu harus ada proteksi keamanan terlebih ada tanda tangan barcode para pejabat sehingga tidak disalahgunakan,” ujarnya. 

Sekda Dewa Indra juga menegaskan bahwa untuk   penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik, Pemprov Bali  dari segi infrastruktur sudah dibangun dan SDM juga sudah mulai dilatih sehingga   setelah penandatangann ini operasionalnya siap untuk dimulai. “Dengan demikian modernisasi birokrasi di lingkungan Pemprov Bali dan unsur vertikal lainnya bisa dimulai dan bersama sama membangun komitmen dan sistem yang kuat dalam mewujudkan E-governmnet menuju Bali Smart Island,” tegasnya. 

Kepala Biro Hukum dan Humas Siber dan Sandi Negara, Giyanto Awan Sularso menyampaikan, kerja sama Badan Siber dan Sandi Negara dengan Pemprov Bali ini merupakan sebuah terobosan dalam penyediaan sertifikasi elektronik dari Aparatur Sipil Negara kepada masyarakat dalam upaya meningkatkan  dan memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) merupakan sebuah katalisa dalam mempercepat terwujudnya smart government dan menjadi penyedia data yang akurat bagi masyarakat. 

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) merupakan sebuah katalisa dalam mempercepat terwujudnya smart government dan menjadi penyedia data yang akurat bagi masyarakat. 

Pemprov Bali merupakan Provinsi ke-18 yang menerapkan SPBE , untuk itu pihaknya berharap agar diimplementasikan dengan penuh komitmen dan langkah konkret sehingga dapat berjalan baik dalam upaya meningkatkan layanan  kepada masyarakat. 

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama  Pemanfaatan Serifikat Elektronik Antara Pemerintah Provinsi Bali dengan Balai Sertifikasi dan Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara kali ini dihadiri oleh Kepala OPD di lingkungan Pemprov Bali serta pimpinan unsur vertikal di lingkungan Pmeprov Bali. (LE – DP1)

Comment

Comment here

Lenteraesai.id