judul gambar
HeadlinesNews

Gunung Merapi Erupsi, Tinggi Kolom Capai 2.000 M

Yogyakarta, LenteraEsai.id – Gunung Merapi di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta mengalami eruspi pada hari Rabu (13/2). Tinggi kolom erupsi yang terjadi pukul 05.16 WIB itu mencapai 2.000 m.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) – PVMBG mengamati angin berhembus ke arah barat laut, sedangkan eruspi terjadi selama 150 detik. Namun, saat ini angin berhembus tenang.

Agus Wibowo selaku Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi  Bencana BNPB melalui rilis menyatakan, Gunung Merapi yang terakhir meletus hebat pada 2010 lalu masih berstatus level 2 atau ‘Waspada’ sejak 21 Mei 2018.

Pada level tersebut, PVMBG merekomendasikan warga atau pengunjung tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 3 km dari puncak gunung. Warga juga diharapkan untuk mampu mengantisipasi potensi abu vulkanik, awan panas maupun letusan eksplosif.

Di samping itu, PVMBG mencatat potensi bahaya saat ini berupa luncuran awan panas dari runtuhnya kubah lava  dan jatuhan material vulkanik dari letusan eksplosif. Demikian juga, potensi bahaya lahar, khususnya apabila terjadi hujan di sekitar puncak gunung. (LE-YG)

Comment

Comment here

Lenteraesai.id