judul gambar
HeadlinesNews

Gempa 6,3 SR di Bangkalan, Warga Yogyakarta Rasakan Guncangan

Jakarta, LenteraEsai.id – Wilayah Laut Jawa diguncang gempa tektonik pada hari Kamis tanggal 6 Februari 2020 pukul 01.12.34 WIB. Berdasar hasil analisis BMKG, gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 6,3 SR. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 6.43 LS dan 113.04 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 76 km arah Timur Laut Kota Bangkalan, Jawa Timur pada kedalaman 641 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono ST Dipl Seis MSc melalui siaran persnya mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dalam, akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan normal/turun,” ujarnya.

Dampak dari gempa bumi ini di dirasakan di daerah Bangkalan, Trenggalek, Pacitan, Yogyakarta, Kebumen, Cilacap, Pangandaran, Kuta, dan Kuta Selatan II-III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. (LE-JK)

Comment

Comment here

Lenteraesai.id