judul gambar
DenpasarHeadlinesNews

Warga Kuta, Denpasar dan Nusa Dua Rasakan Guncangan Gempa

Denpasar, LenteraEsai.com – Gempa bumi tektonik cukup dirasakan warga telah mengguncang wilayah Denpasar, Kuta dan Nusa Dua, Bali pada hari Sabtu, 1 Februari 2020 pukul 17.20.27 Wita. 

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar Drs M Taufik Gunawan Dipl SEIS melalui rilis kepada pers menyatakan, hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 4,4 SR.

Episenter terletak pada koordinat 9,31 LS dan 114,73 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 79 kilometer barat daya Nusa Dua, Bali, pada kedalaman 31 kilometer, ujar Taufik.

Dia melanjutkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia menyusup ke Lempeng Eurasia.

“Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan yang dirasakan di wilayah Kuta, Denpasar, dan Nusa Dua pada II Skala MMI,” ucapnya.

Getaran dirasakan oleh beberapa orang, dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujar Taufik, menjelaskan. (LE-DP)

Comment

Comment here

Lenteraesai.id