judul gambar
DenpasarHeadlinesNews

PUPR Rancang Tol Sambungkan Jawa-Bali, AWK: Siap ‘Puputan’ Gagalkan Ide Sontoloyo

Denpasar, LenteraEsai.id – Wacana dibangunnya Tol Trans Jawa yang terkoneksi dengan Tol Gilimanuk-Tabanan, telah merebak belakangan setelah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengeluarkan pernyataan yang mengungkap rencana tersebut.

Menanggapi hal ini, anggota DPD RI Arya Wedarkarna menyatakan ketegasan untuk menolaknya. “Kementerian PUPR perlu menjelaskan lebih detail tentang ide tersambungnya jalan tol di Jawa dan Bali. Jika membangun tol dari Gilimanuk Jembrana dan tersambung sampai selatan Bali, maka itu hal baik. Tapi jika membangun Jembatan Jawa Bali (JBB), maka Bali siap menolak,” ujar Wedakarna yang ditegaskan melalui laman IG-nya pada Rabu (22/1/2020).

Dikatakan pria yang akrab dipanggil AWK, pihaknya akan segera memanggil pejabat Kementerian PUPR untuk membahas lebih detil mengenai rencana tol penyambungan Jawa-Bali. Hal ini dikarenakan sejak zaman Maharesi Empu Sidhimantra, Pulau Bali dan Pulau Jawa sudah dipisahkan atas kehendak Dewata.

“Kami tegaskan akan ‘puputan’ menggagalkan ide sontoloyo ini. Mari kita lihat, laut adalah pemersatu bangsa, tidak semua pulau harus tersambung, jangan lupa nenek moyang kita adalah pelaut. Saat ini banyak warga Bali yang bekerja di pelabuhan, banyak yang menggantungkan hidup dari ekonomi kelautan, dan pemerintah pusat harus pikirkan dampaknya. Lebih baik, beri Bali jalan tol lingkar Bali, beri Bali pusat tenaga listrik agar tidak tergantung pada pusat energi di Jawa, dan stop isu bangun Jembatan Jawa Bali,” ujar AWK, menandaskan. (LE-DP)

Comment

Comment here

Lenteraesai.id